ciri-ciri cdi motor yang rusak

 Langkah Ngecek Rusaknya CDI

CDI merupakan jantungnya mesin motor kita, bila rusak kritis deh, yang orisinal harga nya beberapa ratus ribu rupiah, malahan jutaan. Bila pakai yang imitasi sulit langsamnya serupa sedikit repot ngatur setelannya, mesti diakalin dahulu. Jadi cermati nih si CDI. Rusaknya selanjutnya CDI tak dapat dipandang oleh mata telanjang, mesti diukur pakai Avometer. Langkahnya :


1. Setel avometer selanjutnya sinus 200 Volt.

2. Kabel merah avometer dikaitkan ke kabel CDI yang menuju koil.
ciri-ciri cdi motor rusak
3. Kabel hitam avometer dikaitkan ke massa/bentuk.

4. Nyalakan motor/starter motor oleh kick starter, sebelumnya saksikan di avometer apakah terdapat arus/setrum yang keluar atau tak?

5. Apabila tak terdapat jadi CDI rusak, oleh catatan arus/setrum besutan sepul serta pulser terdapat yang mengalir ke CDI. Jadi beberapa waktu lalu teliti dahulu arus itu, langkahnya serupa misal diatas, cuma saja kabel merah avometer dikaitkan ke kabel sepul yang menuju CDI.

6. Bila tidak terdapat avometer, cobalah saja kabel besutan CDI yang menuju koil di hubungkan ke body besi motor, selalu starter. Bila terdapat percikan api bermakna CDI tetap dapat di pakai, bila tidak terdapat percikan api bermakna CDI rusak, oleh catatan arus/setrum besutan sepul serta pulser terdapat yang mengalir ke CDI. OK, mudah-mudahan bermanfaat bacaan ini.

0 Response to "ciri-ciri cdi motor yang rusak"

Posting Komentar