kenali jenis-jenis surat tilang

 Kalian pernah merasakan jengkel sebab terkena tilang polisi sebab motor Kalian tidak mempunyai kaca spion? Mungkin saja di hari lain, mobil Kalian ditilang cuma sebab melalui garis batas putih di traffic light ada banyak senti? Kalian tak sendirian. Mungkin saja beberapa puluh orang tertimpa nasib yang serupa sehari-hari. Sayang, seringkali rasa jengkel bagi polisi nampak sebab ketidaktahuan kita sendiri bagi sistem tilang yang sesungguhnya. Mengingat bila telah bicara slip merah atau slip biru.

Oleh tahu apa sajakah surat tilang yang terdapat bersama manfaatnya, apa bila setiap saat terkena tilang, jadi hal semacam ini juga tak jadi permasalahan sebab misal yang kita ketahui, beberapa orang yang tak teratur dalam berkendara serta pada akhirnya jadi tujuan empuk beberapa polisi sebelumnya lintas. Pasti kita tak sangat ingin kepada terkena tilang, namun tak terdapat kelirunya memberi pengetahuan mengenai perbedaan surat tilang merah serta biru.
sumb ; google image
Dalam hal slip tilang berwarna biru, supaya di ketahui dalam Surat Ketentuan Kapolri No Pol : SKEP/443/IV/1998, tanggal 17 April 1998 pemakaian blanko biru dapat dikerjakan.
jenis surat tilang
Type Lembar Tilang yang Berlaku
1. Warna Merah : Kepada Pelanggar jika pelanggar menginginkan mengikut sidang di Pengadilan Negeri

Surat tilang warna merah diperuntukkan pada pelanggar yang tak terima atas kekeliruan yang dituduhkan. Lalu pelanggar diberikan peluang kepada membela diri atau minta kemudahan pada hakim. Selanjutnya biasanya tanggal sidang, maksimum 14 Hari besutan tanggal peristiwa, bergantung hari sidang tilang di Pengadilan Negeri (PN) berkaitan.

2. Warna biru : Kepada Pelanggar jika pelanggar menginginkan membayar denda tilang lewat Bank yang sudah diperlihatkan

Surat tilang warna biru pula kepada pelanggar, hanya perbedaan pelanggar yang terima kekeliruan, artinya tak butuh pembelaan pada hakim. Apa bila memohon surat tilang ini kita dapat segera membayar duit denda lewat transfer selanjutnya bank yang dituju. Mengenai kepada biayanya di ketahui unggul mahal, apa bila sesuai undang-undang sebelumnya lintas yang berlaku. Tetapi belum di ketahui dengan cara resmi nomer rekening serta kepemilikannya, dalam pembayaran duit denda itu. Walau makin dipermudah dalam soal tilang, diinginkan umum tak salah mentransfer duit pada oknum polisi yang tak bertanggungjawab.

3. Warna kuning : Arsip Kepolisian

Lalu surat tilang warna kuning kepada pihak kepolisian sendiri serta ditujukan yang menjadi arsip.

4. Warna putih : Arsip Kejaksaan

Surat tilang warna hijau kepada arsip pengadilan. Surat ini pula yang menjadi sistem tindak lanjut pelanggaran itu hingga perkara usai.

5. Warna hijau : Arsip Pengadilan

Surat tilang warna putih kepada kejaksaan yang menjadi arsip. Tetapi apa bila masa datang terdapat persoalan arsip itu dapat yang menjadi bukti serta catatan.

Apa bila Pelanggar memohon blanko tilang berwarna biru jadi pelanggar tak butuh sekali lagi ikuti sidang di Pengadilan, dapat membayar segera di Bank BRI. Tetapi slip tilang berwarna Biru ini dikenai denda sesuai sama oleh Undang-Undang No. 22 Th. 2009 mengenai Sebelumnya lintas & Angkutan Jalan.

0 Response to "kenali jenis-jenis surat tilang"

Posting Komentar